Friday, May 1, 2015

7 PERAYAAN PENTING BANGSA YAHUDI

Bila kita membaca Alkitab baik Perjanjian Lama dan Baru semua penanggalan yang ada disitu mengunakan penanggalan Ibrani Kuno, kata Ibrani Kuno adalah istilah saya sendiri karena kalendar Ibrani Kuno berbeda dengan kalender Ibrani yang digunakan oleh bangsa Yahudi saat ini, dalam bahasa Inggrisnya Michael Rood (seorang yang ahli dalam sejarah dan adat istiadat orang Yahudi)  menulis sebagai Creator Calendar atau Biblical Hebrew Calendar dimana mengunakan FC (From Creation) sebagai nama tahun, sehari-harinya saat kita mengunakan kalendar Masehi, pada saat buku ini ditulis adalah tahun 2014 M (Masehi) atau 6014 FC (From Creation).
Dan sangat erat kaitannya dengan perayaan-perayaan yang ada didalam Alkitab, perlu kita mempelajari dan mengerti perayaan-perayaan bangsa Yahudi agar kita mengerti lebih baik tanggal-tanggal yang terjadi pada ke 4 Injil.

Walau mengunakan bahasa Yunani dalam penulisannya namun sistem kalendar yang digunakan dalam ke 4 Injil tersebut adalah kalendar Ibrani  , kalendar Ibrani dibuat berdasarkan pada siklus pegerakan bulan , sedangkan kalendar yang kita gunakan saat ini adalah kalendar Masehi atau Gregorian adalah kalendar berdasarkan pergerakan matahari .

Ada perbedaan yang cukup besar  antara kedua sistem kalendar tersebut , dan terpaksa kita harus mengetahui sedikit banyak mengenai kalendar bangsa Yahudi , walau anda mungkin bosan dan jenuh membaca penjelasan dasar dibawah ini , karena Alkitab kita mengunakan kalendar Ibrani dan hingga saat ini kejadian-kejadian penting terjadi pada tanggal-tanggal kalendar Ibrani, misalnya jatuhnya Wallstreet dan “bencana keuangan” terjadi pada tanggal 1 Tishri. Penghancuran Bait Suci baik pada jaman serbuan bangsa Persia maupun bangsa Romawi terjadi pada tanggal 9 Aviv.

Mengenali Hari Menurut Orang Yahudi
(klik untuk melihat lebih besar)

Cara mengenali hari , setiap hari baru dimulai pada waktu sore hari , kira kira pukul 6 setelah matahari terbenam , bagi kita warga Indonesia sangat mudah mengetahuinya yaitu kurang lebih waktu kita mendengar suara Azan Magrib , itulah saat hari baru dimulai .
Cara mengenali bulan baru , setiap kali terlihat bulan sabit tipis pertama setelah bulan habis total.
Setelah 6 hari maka hari ke 7 disebut hari sabat , sabat ini dikenal dengan sebutan sabat mingguan, karena akan ada “High Sabbath” atau Sabat Agung / Sabat Besar/ Sabat Tinggi yaitu hari Sabat yang diperingati 7 kali dalam setahun dan tidak harus jatuh pada hari Sabat mingguan, ke 7 High Sabat  atau 7 Perayaan Bangsa Yahudi ini adalah :

1. Hari Paskah / Passover / Pesach (tgl 15 Aviv / Nissan)
2. Hari Raya Roti Tak Beragi / Unleavened Bread (tgl 15 sd 21 Aviv / Nissan)
3. Hari Raya Buah Sulung (First Fruits)
4. Shavuot / Pantekosta (tgl 6-12 Sivan)
5. Hari Raya Terompet / Yom Teruah / Rosh Hashanah ( tgl 1 Tishri)
6. Hari Perdamaian / Yom Kippur / The Day of Atonement  (tgl 10 Tishri)
7. Hari Raya Pondok Daun/  Tabernakel (tgl 15 Tishri)

ke 7 Perayaan ini terbagi menjadi 2 group, kita merayakan ke 4 perayaan nomer 1 sampai 4 pada group pertama pada musim semi dan sisanya kita rayakan pada group kedua yaitu pada musim gugur. Group pertama dalam bahasa Ibrani kuno disebut juga sebagai “latter rain” (hujan akhir) dan group kedua disebut “early rain” (hujan awal)
Perayaan musim semi diawali dengan Paskah, hari raya suci pertama bangsa Yahudi, ke 3 perayaan lainnya semuanya berhubungan dengan Paskah yaitu Hari Raya Roti Tak Beragi, Buah Sulung dan Pantekosta, bila kita menantikan hari-hari raya ini pada kalendar M akan jatuh pada sekitar bulan Maret, April, Mei kadang sampai Juni. Pada kalendar Ibrani perayaan Paskah, Hari Raya Roti Tak Beragi dan Buah Sulung selalu terjadi pada bulan Nisan / Aviv / bulan 1 sedangkan Pantekosta terjadi pada bulan Sivan.
Perayaan musim gugur yaitu Hari Raya Terompet, Yom Kippur dan Pondok Daun terjadi pada bulan Tishri yaitu bulan ke7 pada kalendar Ibrani. Pada kalendar Masehi jatuh pada bulan September sampai dengan Oktober.
Mengetahui ke 7 perayaan besar bangsa Yahudi ini sangat penting karena anda akan sering menemui seseorang akan menjelaskan pengenapan nubuatan-nubuatan dan kejadian-kejadian bahkan peristiwa-peristiwa penting yang sudah terjadi dan akan terjadi terkait dengan ke 7 perayaan ini, misalnya peristiwa terjadinya bulan darah yang terjadi pada tahun 2014-2015 terjadi pada tanggal perayaan-perayaan ini.


Ke 7 Perayaan ini akan sering muncul silahkan simak dan ada pada gambar tabel dibawah ini :


(klik untuk melihat gambar besar )

Cara mengenali bulan Aviv / Nissan atau bulan pertama , setelah 12 bulan berlangsung maka bulan ke 13 adalah kembali kepada bulan Aviv atau Nissan ,bulan pertama ini disebut juga Aviv ,yaitu bila Imam Besar sudah melihat hasil barley / jelai bulirnya sudah penuh dan menguning pada bulan Adar (ke 12) , secara ilmiah hal ini terjadi bila sinar matahari yang ditangkap pada tanaman jelai sudah cukup  , tapi ada masanya suatu tahun memiliki 13 bulan , yaitu bila Imam Besar mengamati bahwa hasil panen belum matang untuk dipanen atau belum tiba saatnya untuk memasuki musim semi , setelah abad ke 3 Hillel II menentukan aturan baru untuk menentukan adanya tambahan bulan ke13 ini.
Hal menarik sehubungan dengan bulan Aviv adalah warga Israel menunggu tanpa ada yang tahu pasti kapan waktu nya tanggal 1 bulan Aviv tersebut, karena setelah diyakinkan dengan melihat jelai sudah Aviv maka mereka menunggu bulan baru muncul, ada masa kira-kira 48 jam dimana mereka menunggu menantikan penampakan bulan baru. Pada jaman Bait Suci masih berdiri, 2 orang saksi menunggu ditempat yang tidak terhalang padangannya untuk menantikan penampakan bulan baru, apabila kedua orang saksi tersebut sudah melihat bulan baru, mereka akan berlari memberitakan hal ini ke Sanhedrin ( majelis agama Yahudi ), lalu Sanhedrin akan memberitahukan hal ini kepada Imam Besar dan kemudian Imam Besar akan memanggil kedua saksi memastikan mereka sudah melihat bulan baru, Imam Besar kemudian mengecek sendiri dan memastikan bulan baru terlihat, maka hari itu adalah hari pertama tahun baru . Sangkakala atau terompet akan dibunyikan suaranya mengema di bukit-bukit sekitar Yerusalam, api akan dinyalakan dari bukit Moreah, penjaga di bukit-bukit lainnya melihat api sudah dinyalakan mereka akan menyalakan api juga sehingga bersambung seluruh Israel mengetahui tahun baru telah tiba. Waktu yang tidak diketahui membuat kita memahami hanya Bapa lah yang tahu kapan “waktunya”, 2 saksi mencerminkan juga 2 saksi yang akan muncul di akhir jaman sesuai yang tertulis pada kitab Wahyu. Sungguh indah pengertian ini bila kita memahami apa yang terjadi pada kebiasaan orang Yahudi, beberapa kritikus sering mengunakan jawaban mengenai masa kesudahannya terutama mengenai “ketidaktahuan” tersebut, hal itu akan dengan jelas terjawab bila kita mengetahui sedikit mengenai ritual di Bait Suci , demikian juga pada perkawinan tradisional orang Yahudi, sang ayah dari mempelai pria dan mempelai pria setelah melamar mempelai wanita akan menyiapkan kamar atau rumah untuk anak dan mantunya, dimana bila rumah atau kamar tersebut sudah siap maka pesta perkawinan bisa dimulai, demikian juga ketika ditanya kapankah waktunya? Dan Yesus menjawab Bapa-lah yang tahu (Mat 24:26 Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat- malaikat di surga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri ), bagi orang Yahudi mereka sangat mengetahui tradisi perkawinan dan memahami arti jawaban Yesus.
Yang perlu kita ingat juga adalah tahun baru bangsa Israel adalah tanggal 1 Tishri ( bulan ke 7) .

Setelah mengenal sedikit mengenai kalendar Ibrani kita juga perlu mengenal beberapa hari raya penting orang Yahudi , karena bila kita amati pada ayat ayat di Perjanjian Baru akan banyak menyebutkan hari raya tersebut sebagai indikasi membangun kronologi bahwa pelayanan Tuhan Yesus adalah  70 minggu lamanya.
Dalam setahun 3 kali  ( Keluaran 23:14 ) semua laki laki di atas usia 13 tahun harus datang ke Yerusalem untuk merayakan :
1.    Hari Raya Roti Tak Beragi , yang dirayakan selama 7 hari , dengan memakan roti tak beragi selama 7 hari , hari raya ini jatuh pada bulan Nisan atau disebut juga dengan Bulan Aviv pada Alkitab , Hari Raya Roti Tak Beragi dirayakan setelah Perayaan Paskah yaitu sehari setelah hewan kurban disembelih di Bait Suci . 4 hari sebelum penyembelihan kurban tersebut adalah saat memilih kurban . (Imamat 23:5-14 )
2.    Hari Raya Pantekosta / Hari Raya Shavout dalam bahasa Ibrani adalah hari raya menuai , yaitu menuai hasil lading dan kebun . Hari raya ini dirayakan 7 sabat mingguan dari Hari Raya Roti Tak Beragi dan dirayakan selama 7 hari  ( Imamat 23:15-22 ).
3.    Hari Raya Tabernakel / Hari Raya Pondok Daun / Hari Raya Sukkot dalam bahasa Ibrani ( Imamat 23:23-44)
Point2 penting dalam perayaan Hari Raya Roti Tak Beragi dan Paskah / Passover :
1.    Tanggal 10 Nisan bulan pertama pemilihan hewan kurban ( Keluaran 12:3 )
2.    Tanggal 14 bulan Nisan  adalah hari kurban ( keluaran 12:6 )
3.    Kambing Domba yang dikurbankan haruslah berkelamin jantan dan usia1 tahun.
4.    Kurban tersebut tidak boleh direbus harus dipanggang atau dibakar dan dimakan dengan roti tak beragi dan sayur pahit( Keluaran 12:8 )

Mengenai Hari Raya Purim dapat anda baca pada kitab Esther. Yang sudah dengan jelas menjelaskan latar belakang dan peristiwa mengapa Purim dirayakan oleh orang Israel.
Ilustrasi bagaimana mendapatkan tanggal Mesehi dari peristiwa atau perayaan bangsa Israel, saya berikan contoh bagi seorang Muslim mereka akan merayakan Tahun Baru Islam pada tanggal 1 Muharram dimana perayaan tahun baru ini pada kalendar Masehi jatuh pada tanggal 4 November 2013 tetapi pada tahun 2014 akan jatuh pada tanggal 25 Oktober 2014.
Bagi orang keturunan Tionghua di Indonesia mereka memiliki perayaan-perayaan menurut kalendar Imlek (Lunar Calendar) mereka, perayaan tahun baru adalah tanggal 1 bulan 1 , Perayaan Lentera atau oleh sebagian orang disebut Cap Go Meh jatuh pada tanggal 15 bulan 1 , perayaan Perahu Naga / Sembayang Bakcang jatuh pada tanggal 5 bulan 5,  Perayaan Kue Bulan / Moon Cake Festival jatuh pada tanggal 15 bulan 8 . Tahun baru Imlek tahun 2013 jatuh pada tanggal 10 Februari 2013 Masehi, tetapi Tahun Baru Imlek pada tahun 2014 jatuh pada tanggal 31 Januari 2014 Masehi jadi setiap tahun tidak sama. Bila anda membaca : sebelum Perayaan Sembayang Bakcang tahun imlek 3550 putri pemalu tidak menghandiri perayaan karena ia sakit, 2 hari kemudian setelah sembuh lekas-lekas ia pergi ke kuburan untuk membersihkan kuburan. Dibekali pengetahuan bahwa tanggal Imlek dan Masehi berbeda, kita tahu bahwa tahun ini adalah 4712 Imlek, kita akan konversikan tahun Imlek ke Masehi untuk mengetahui kapan sih putri pemalu sakit dan kapan sih waktu ia ke kuburan berdasarkan tanggal Masehi, namun sebenarnya ada perayaan antara Sembayang Bakcang dengan Perayaan Lentera yaitu Perayaan Qing Ming atau Ceng Beng dimana perayaan ini untuk sembahyang di kuburan membersihkan kuburan dan memberikan sajian di kuburan, apabila tahu adanya perayaan ini akan lebih memudahkan kita untuk mengetahui 2 hari setelah jatuhnya hari perayaan sembayang Bakcang pada tahun 3550 Imlek, sehingga kita bisa secara akurat mengkonversikan ke tahun Masehi. Kira-kira demikianlah salah satu teknik menyusun kronologi 70 minggu pelayaan Yeshua ( pada bab 70 Minggu Pelayanan Yeshua) , kita harus memahami perayaan-perayaan orang Israel, kita mengetahui kebiasaan dan aturan serta adat-istiadat mereka, kita dapat tanggalnya dan kemudian dikonversikan ke tahun Masehi untuk mengetahui tanggal di tahun Masehi berapa. Namun ada beberapa hal yang harus kita ketahui juga bahwa penganggalan yang digunakan Michael Rood disini mengacu pada Ibrani Kuno (istilah ini saya yang gunakan) dan berbeda dengan kalendar orang Israel sekarang, bedanya adalah 240 tahun, perbedaan ini karena 77 tahun waktu mereka keluar dari Mesir dan 163 tahun waktu mereka dibuang di Babel, mereka mengurangi jumlah tahun hingga total 240 tahun.  Sehingga bila saudara melihat kalendar pemerintah Israel saat ini tahun 2014 adalah 5774 menurut kalendar Israel modern dan 6014 menurut kalendar Ibrani kuno.
Dengan mengetahui hari raya orang Yahudi akan sangat membantu pemahaman kita mengenai Alkitab, karena banyak hal yang berhubungan dalam pelayanan Yeshua dengan hari raya tersebut, contohnya hari raya Pantekosta diperingati oleh orang Yahudi waktu 10 Perintah Allah di turunkan di Gunung Sinai di naungi petir dan kilat , dan bagi umat Kristen mereka kebanyakan mengenal hari raya Pantekosta sebagai turunnya Roh Kudus di loteng Yerusalem dalam rupa lidah-lidah api. Kedua peristiwa ini terjadi pada hari raya yang sama namun dengan makna prophetic yang sangat dalam. Pada perayaaan Pantekosta pertama 2 Loh Batu menjadi 10 hukum yang kemudian oleh rabi-rabi Yahudi dengan kreatif diperluas lagi menjadi 613 do dan don’t, pada perayaan Pantekosta di Loteng Yerusalem, Tabut Perjanjian berisi 2 Loh Batu tersebut sudah tidak ada di Bait Suci, Roh Kudus dicurahkan untuk menjadi penghibur, pelindung, pengingat, sumber hikmat dan kekuatan dan Roh yang lembah lembut namun agung dahsyat kuasaNya . Dari dalam roh manusia yang menerima Roh Kudus baik orang Yahudi maupun orang “kafir”  sebuah “perjanjian baru” diukir agar kita semua dapat dengan benar menjalankan perintahNya, bukan dengan terpaksa mentaati hukum namun dengan sukacita, hingga pada akhirnya.

No comments:

Post a Comment