Friday, May 1, 2015

SIAPAKAH ORANG MAJUS ?

Mat 2:1-6 Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang- orang majus dari Timur ke Yerusalem dan bertanya- tanya:"Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang- Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia." Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem. Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan. Mereka berkata kepadanya:"Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi: Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali- kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat- Ku Israel

Orang Majus ini adalah ahli perbintangan dari Chaldea / Kasdim / wilayah Babilonia. Daniel, Chananyah, Azaryah dan Mishael adalah ahli Taurat dan perbintangan Yahudi, waktu mereka dibuang di Babilonia mereka juga dilatih menguasai perhitungan matematika, fisika dan perbintangan bangsa Chaldea. Daniel memimpin seluruh ahli bintang di Babelonia selama lebih dari 60 tahun, ia seorang yang kaya raya dan menjabat dibawah 3 raja, namun karena beliau tidak memiliki istri maka Daniel tidak memiliki keturunan. Daniel mendapatkan pengelihatan Ilahi bahkan dikunjungi langsung oleh malaikat Gavriel, pengelihatan tersebut menyangkut kedatangan Mesiah, beberapa ada yang boleh disingkapkan beberapa ada yang tidak boleh disingkapkan, disimpan untuk ditindak lanjuti bila waktunya telah tiba.
Pada waktu bangsa Yahudi diperkenankan kembali untuk membangun Yerusalem pada tahun ke 7 pemerintahan Artaxerxes (457SM), kebanyakan dari mereka (orang Yahudi) masih tinggal di Babelonia, Mordekai dan Esther adalah tokoh yang anda kenal yang masih tinggal di Babelonia, jadi tidak ragu lagi bahwa banyak pula ahli perbintangan menjabat dan menduduki posisi penting dipemerintahan Chaldea.
Bagaimana dengan harta kekayaan Daniel dan rahasia-rahasia yang diketahuinya? Bagaimana orang Majus ini bisa mengetahui melihat tanda dilangit apa? Apa yang harus dipersembahkan dan siapa yang harus mempersembahkan ? Dan yang terpenting siapa yang mengerakan planet dan bintang sehingga mereka tiba tepat pada waktunya untuk membiayai keluarga Yusuf ke Mesir ( menurut pengamatan saya mereka keluarga sederhana berdasarkan persembahan mereka pada waktu hari penyunatan Yesus pada usia 8 tahun di Bait Suci Yerusalem seperti tercatat pada Lukas 2:24 dan untuk mempersembahkan korban menurut apa yang difirmankan dalam hukum Tuhan, yaitu sepasang burung tekukur atau dua ekor anak burung merpati sesuai dengan  Imamat 12:6-8 Bila sudah genap hari- hari pentahirannya, maka untuk anak laki- laki atau anak perempuan haruslah dibawanya seekor domba berumur setahun sebagai korban bakaran dan seekor anak burung merpati atau burung tekukur sebagai korban penghapus dosa ke pintu Kemah Pertemuan, dengan menyerahkannya kepada imam. Imam itu harus mempersembahkannya ke hadapan TUHAN dan mengadakan pendamaian bagi perempuan itu.Demikianlah perempuan itu ditahirkan dari leleran darahnya.Itulah hukum tentang perempuan yang melahirkan anak laki- laki atau anak perempuan. Tetapi jikalau ia tidak mampu untuk menyediakan seekor kambing atau domba, maka haruslah ia mengambil dua ekor burung tekukur atau dua ekor anak burung merpati, yang seekor sebagai korban bakaran dan yang seekor lagi sebagai korban penghapus dosa, dan imam itu harus mengadakan pendamaian bagi perempuan itu, maka tahirlah ia) dan membiayai  kehidupan mereka dalam hal ini secara keuangan?
Daniel meninggalkan kekayaan yang bertahan hingga hampir 460 tahun, Daniel pula memiliki tim yang mendedikasikan hidupnya untuk menunggu waktu datangnya Mesiah, dan tim ini memiliki dedikasi yang tinggi dan turun temurun tim ini terus mengamati tanda dilangit, mereka bukan hanya dari kalangan ahli bintang namun juga raja atau orang yang berpengaruh dipemerintahan Babelonia, dan karena mereka mendapat pimpinan dan bisa mendengar peringatan untuk kembali ke negaranya melalui jalan lain, hal ini menunjukan mereka memegang teguh ajaran dan perintah Daniel.
Emas , kemenyan dan mur 3 jenis persembahan ini adalah persembahan yang menurut adat istiadat waktu itu diperuntukan bagi keluarga bangsawan dan raja. Kemenyan dan Mur pada masa itu lebih berharga dari emas, ingat! ada 3 jenis persembahan namun tidak dicatat ada berapa orang Majus dan rombongannya, mereka jelas datang dalam jumlah yang cukup besar dan beserta pengawalan karena membawa barang berharga dan logistik mereka untuk perjalanan hingga 1 tahun lebih, bisa saja mereka terdiri dari selusin ahli perbintangan dan lebih banyak lagi pasukan yang mengawal mereka.

Hanya sebuah perkiraan , hadiah persembahan orang Majus ini yang digunakan untuk membiayai perjalanan dan selama mereka menetap di Mesir karena berpergian memerlukan biaya sedangkan Yusuf dan Maria adalah keluarga sederhana (karena dicatatkan bahwa Yoshep dan Miriam memberikan persembahan orang yang tak mampu pda waktu 40 hari pentahiran di Bait Suci) Kemungkinan juga persembahan ini membiayai sebagian dari pelayanan Yeshua kelak dikemudian hari.

No comments:

Post a Comment