Friday, May 1, 2015

TAHUN BERAPAKAH YESUS DILAHIRKAN?


Yang pasti tanggal 25 Desember bukanlah tanggal lahir Tuhan Yesus melainkan tanggal lahir dewa matahari Persia mithra adalah tanggal 25 Desember, mengapa umat Kristen merayakan tanggal 25 Desember ?karena kaisar Konstantin Agung yang menjadikan Kristen sebagai agama negara ingin menjaga keutuhan kekaisarannya dan kemungkinan ia sendiri tidak tahu kapan Yesus lahir sehingga ia mengunakan tanggal lahir dewa mithra yang banyak dianut rakyatnya sebagai tanggal lahir Yesus.
Namun dengan semakin bertambahnya ilmu pengetahuan seperti yang tertulisa pada kitab Daniel 12:4 Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah . NASA sekarang telah dapat menentukan tanggal dan hari seluruh bulan purnama dan gerhana matahari dan bulan hingga 2.000 tahun lalu, beberapa ahli astronomi modern dan ahli sejarah mencatat beberapa kejadian penting yang berkaitan dengan kejadian dilangit. Sehingga abad 21 ini kita menemukan beberapa teori yang mencoba memecahkan misteri tanggal berapa sebenarnya kelahiran Tuhan Yesus, salah satunya adalah teori dari Michael Rood yang menyatakan Kamis 26 September 3 SM, Sukkot tgl 15 bulan 7 th 3998 FC , adalah tanggal lahir Tuhan Yesus. Dengan perhitungan yang cukup rumit dan mendalam dimana anda dapat membaca buku penjelasannya dalam “Chronological Gospel” www.thechronologicalgospel.com bagaimana cara menelusuri hingga tanggal 26 September 3SM menjadi tanggal lahir Tuhan Yesus.
Menurut tanggalnya, terjadi pada hari raya Tabernakel pada waktu Yusuf dan Maria menunju ke Yerusalem, didukung dengan tanggal terjadinya data sensus oleh kaisar Agustus yang membawa pasangan ini menuju ke Beit Lechem sebelum ke Yerusalem.
Sedikit penjelasan mengenai tahun nya yaitu 3 SM berikut garis besar penjelasan yang bisa saya kutib dari buku tersebut :
Catatan sejarah dari :
Kesaksian Josephus Flavius: herodes membunuh 2 rabi yang dicintai rakyat pada gerhana bulan sebelum kematiannya.
Jumat 10 Desember 1 SM, tanggal 12 bulan 10 th 3999 FC
Gerhana bulan tanggal 10 Desember 1 SM dicatat oleh sejarahwan Romawi, catatan keagamaan Yahudi dan ahli perbintangan purbakala dan masa kini. Menurut catatan buku Antiquities karangan Josephus Flavius:
Antiquities XVII.149 “Herodes membunuh 2 orang rabi yang dicintai dikalangan orang Yahudi & ahli tafsir hokum Yahudi, mereka dicintai karena pendidikan masa muda mereka dan kehidupan mereka sehari-hari yang sejalan apa yang mereka ajarkan”.
Antiquities XVII.167 “Pada saat gerhana bulan Herodes membunuh petinggi imam bernama Mathias dan membakar hidup-hidup Mathias yang lain.
Catatan Josephus Flavius tentang 2 rabi yang dibunuhnya membantu kita menentukan tahun dimana Herodes Agung wafat, waktu pembantaian anak-anak di Beit Lechem dan kelahiran Yeshua.
1.  Herodes membunuh 2 rabi pada gerhana bulan yaitu tgl 10 Januari 1SM, kurang dari 1 bulan sejak pembunuhan anak-anak di Beit Lechem.
2. Setelah pembunuhan 2 rabi Herodes menjadi sakit dan menyingkir ke permandian air panas dekat laut mati.
3. Terus menerus sakit Herodes beristirahat di Yeriko
4. Ketika di Yeriko Herodes menerima surat dari Kaisar Agustus, memberi 2 pilihan yaitu dibuang dalam pengasingan atau mengeksekusi anaknya Antipater yang bermasalah.
5. Herodes merubah surat warisannya dan menyerahkan wilayah Yudea kepada Achelaus anaknya yang lain.
6. Herodes memerintahkan eksekusi Antipater dan 5 hari sesudahnya Herodes wafat.
7. Achelaus mengadakan pemakaman yang indah untuk Herodes Agung ayahnya dan berkabung selama 7 hari.
8. Karena takut akan pemberontakan bangsa Yahudi, Achelaus membunuh 3.000 orang farisi di Bait Suci dan membatalkan upacara perayaan Paskah tahun itu.
9. Achelaus dipanggil ke Roma untuk mempertanggung jawabkan pembunuhan itu.
10. Pemberontakan terjadi di Yudea, Kaisar Agustus memanggil jendral Varus dari Siria untuk memadamkan pemberontakan.
Dari data-data sejarah Romawi yang ditulis Josephus, kronologi di Injil dan pengamatan astronomi, disimpulkan oleh Michael Rood:
1. Kematian Herodes adalah setelah pembunuhan anak-anak di Biet Lechem, anda tidak bisa membunuh seseorang bila anda sudah mati.
2. Herodes memerintahkan pembunuhan anak-anak dibawah usia 2 tahun (mat 2:16), jadi
3. Tanda-tanda di langit harus keluar 2 tahun atau 1 tahun sebelum eksekusi di Beit Lechem. Oleh karena itu
4. Yeshua harus lahir di sekitar thn 3SM – 2SM , satu atau dua tahun sebelum Herodes wafat.
5. Gerhana bulan pada tanggal 10 januari 1 SM dicatat tanpa kontradiksi dan konflik dari catatan Romawi, Yahudi dan astronomi. Gerhana lain dapat terjadi beberapa tahun sebelumnya yaitu sekitar 6SM-7SM digunakan oleh sekelompok orang untuk mendukung teori “Bintang Bethlehem” sehingga usia Yeshua pada waktu memulai pelayanan adalah 35 tahun pada 27 M, bukan pada usia 30tahun seperti ditulis pada Injil luk 3:23.
Catatan: Archelaus membunuh 3.000 orang farisi dan membatalkan paskah. 1 April 1SM, tanggal 1 bulan 1 4.000 FC

Antiquities XVII. 217-218 Archelaus merasa bahwa situasi sudah tidak lagi bisa dikendalikan, ia mengirim tentara romawi untuk mencegah orang-orang yang berkemah disekitar Yerusalem untuk membantu orang-orang yang di dalam Bait Suci. Pasukan kalveleri romawi membunuh kira-kira 3.000 orang dan sisanya melarikan diri ke bukit-bukit sekitar Yerusalem.Lalu Archelaus memerintahkan agar mereka semua pulang ke rumah masing-masing dan membatalkan perayaan Paskah tahun itu.Menghindari bahaya dengan ketakutan orang-orang kembali ke rumah masing-masing.
Tabel tahun dibawah adalah penuntun kembali bila dirunut dari belakang, dimana kita mengenal tahun kematian Yeshua.


( klik untuk lihat lebih besar )

No comments:

Post a Comment